Thursday, November 29, 2007

Malam Pertama Bersama Mac

2 November kemaren bisa jadi hari yang 'bersejarah' dalam dunia komputing saya karena pada hari tersebut saya berpindah dari laptop yang berbasis Windows ke Mac. Dari segi komputing behaviour, saya tidak terlalu tergantung sama jenis laptop tertentu karena memang pekerjaan tidak terlalu erat kaitannya dengan komputer, paling2 pake browsing, musik, foto dan aplikasi2 ringan laennya. Ada sedikit cerita yang menginspirasi saya kenapa harus pindah ke Mac. Baca2 di internet katanya Mac bagus dan user friendly untuk multimedia. Saya langsung tertarik karena kebetulan saya dan keluarga hobi berat bikin home video (camcorder miniDV). Daripada terus buang2 duit pake jasa transfer VCD/DVD yang di koran, lebih baik beli Mac, jadi nantinya gampang klo mau transfer2an. Disamping itu, Mac kelihatannya lebih seru (baca: keren), maka hatipun semakin mantap untuk membeli Mac.

Persiapan2pun dilakukan dalam rangka menyongsong migrasi tersebut. Yang paling dominan saya lakukan adalag browsing2 tentang Windows vs Mac, Mac for beginners dan topik sejenis lainnya. Semakin banyak baca, saya semakin bingung karena kok kedengarannya makin ribet, dalam artian bisa ga ya nanti saya pake Mac sebagus saya pake Windows. Dari shortcut2 yang berbeda, sistem yang beda dan juga software2 Macpun saya masih buta sama sekali ditambah pula saya tidak pernah sekalipun menyentuh Mac dari pertama kali mengenal komputer (1994).Keraguanpun muncul tapi setelah sering baca gampangnya bikin DVD di Mac sayapun membulatkan tekad.
Setelah liat2 di websitenya Apple, saya berencana membeli Macbook Pro yang 15" seharga US $1.999. Apa daya waktu itu tiba2 ada kebutuhan mendadak yang perlu diprioritaskan sehingga budget Macpun jadi tertunda. Mungkin sudah jodoh dengan Mac, saat chat dengan seorang teman dan mantan boss di Bali, dia menawarkan Powerbook G4nya dg spek Tiger, HD60GB, RAM 1GB @USD 250. Pertamanya saya gagap juga karena ga tahu apa itu Powerbook, yang saya tahu laptopnya Mac itu ya Macbook. Ternyata itu generasi sebelum Macbook. Dengan harga yang saya anggap bagus itu, sayapun OK dan 2 november kemaren pertama kali saya mempunyai Mac dan malamnya langsung saya ajak menghabiskan malam pertama :). Walau cuman Powerbook, terus terang senangnya luar biasa, pengalaman baru dan benar saja, sangat keren.



Gambar diatas menunjukkan Powerbook jelas keliatan lebih keren dari Compaq lawas saya maupun dari Satellitenya adik saya. Untungnya dari depan ga kentara apa itu Powerbook atao Macbook yang jelas cuman logo apple yang nangkring. Juga, Powerbooknya masih benar2 sangat mulus, mungkin karena yang pake cewek kali ya. Sedikit yang bikin gagap pertama pake Mac adalah ga ada klik kanannya (Ctrl klik) juga pas install2 agak sedikit kagok. Sayapun buka2 kerpekan ttg shortcut2 yang sejenis jika di Windows. Setelah sedikit pemanasan dengan Mac bekas saya yang 'baru', tujuan utamapun langsung dijalankan, yeah bikin DVD. Ternyata ayah tercinta sudah banyak punya home video yang nunggu ditransfer, ada 5 miniDV. Camcorderpun di-konek dan iDVDpun di launch. Sebenarnya bisa pake i-Movie dulu biar bisa atur2 dan edit2 tapi malam itu penginnya cepet2 saja sehingga pake i-DVD yang one step aja, jadi otomatis bikinnya, what you see what you get. Ternyata memang maknyess pake bikin DVD. Sempet juga saya benchmark kecil2an pake telkomnet versus Satellite terbaru punya adik (Inter Core 2 Duo dengan 2 GB RAM), mengejutkan! Powebooknya super cepat untuk ukuran dial up telkomnet, berkisar 50 - 52 kbps sedangkan si Satellite hanya mampu maksimal 32 kbps.

Saat transfer miniDVnya si kecil pake i-DVD, saya pake HP external DVD Burner karena Powerbooknya Combo

3 comments:

Anonymous said...

Betul Itu. Nia juga pingin punya Mac. Tapi akan lebih baik kalau Nia back to Linux. Harus ganti OS namun sayang, belum punya kesempatan. Mungkin dengan bekerja di Karibia, Nia bisa punya 3 Laptop qeqeqeeq....Satunya Mac, satunya buat OS LINUX, satunya buat coba2 wkekekkekke.....kurang juga kayaknya yah :D

Anonymous said...

dimanapun kerja pasti bisa Kania, asal nekat kekeke. wah lom pernah nyobak Linux nih, seru ga? pernah pake sekilas Ubuntu. kayaknya kok susah ya

Anonymous said...

kikikiikiki.......wuenak tenan ko Bli, makane dicoba aeee ;).