Wednesday, October 10, 2007

Not a Geek, Just Pretend to be One*

Hari ini aku dipanggil oleh kepala suku IT di PC, dia minta tolong aku untuk cover IT-support di PC selama dia off island beberapa hari ke depan. Bingung juga kenapa dia minta tolongnya ke aku, wong kenal aku juga gak, memang mister IT yang kemaren suka minta tolong juga, kadang sebulan dia pergi, tapi waktu itu berdua dengan seorang teman yang kebetulan ngerti dikit IT dan punya tampang kekomputer2an. So ada yang diajak diskusi dan juga ada yang diajak berbagi rasa malu jika ga bisa solved kasusnya ;)

'Pak, aku ga punya strong background di IT', itulah kalimat pertama yang muncul di meeting. 'Jgn kuatir, aku tidak expect kamu banyak kok cuman yang basic2 aja seperti what you did last time', katanya dengan logat bahasa Inggris yang medok khas London/British. Selanjutnya briefing singkatpun diberikan selama kurang lebih dua jam. Ternyata dia funny juga dan jelasin dengan bahasa yang mudah dimengerti, sedikit sekali istilah2 'serem' dipakai semacam metadata etc etc (hi Roy)

Selain dijelaskan beberapa common problem yang sering muncul di PC (trouble shooting dasar hardware), juga dijelaskan beberapa poin penting dalam briefing tersebut diantaranya; struktur jaringan di PC including peta network dan semua station termasuk letak semua switch, server sequences jika ada power failure, back up prosedur, koneksi jaringan khusus ke beach houses/villas, prosedur server opera, prosedur server Harms (untuk retail boutique/spa), prosedur protobase untuk proses kartu kredit dan prosedur server yang mencatat penggunaan telephone.

Does it make any sense? Tanyanya mengakhiri briefing, ya Pak jawabku lantang, entah mengerti ato tidak yang jelas aku sudah pengin cepet2 keluar dari ruang server yang dinginnya menusuk tulang. Akhirnya ditunjukkan juga ruang2 tempat nyimpan segala spare part IT. Dan rasa was2pun mulai menyerang, selalu tidak PD apalagi pas senaonya berdering, kasus ini dan itu tapi selalu saja beruntung dalam artian, sebenarnya ga ngerti detailnya tapi pas diutak atik akhirnya mau juga. Biasanya bos2 disini suka malas, sedikit ga bisa langsung call IT support, padahal cuman colokan LANnya ga firm. Anyway, apapun yang terjadi I'll do the best I can.


*judul itu aku comot dari sebuah blog yang aku lupa linknya

3 comments:

Anonymous said...

Wekkekek.....wah hebat tuch. Sebenarnya tiap orang bisa koq menjadi apa aja...yang penting belajar. Jadi Superman juga bisa asal bisa mekeber qeqeqeeq......

Wah...mendapat kepercayaan kayak gitu susah loh. Jadi dimanfaatkan tuch buat belajar. Oh ya, Bli disana jadi apa ?? Jangan.....jangan..... :D

Anonymous said...

enteg sebeng aja ni kekek..bantu2 ntar Kania, kamu khan geek-nya ;)
Aku serabutan disini..kewale mekudus bungut paone gen (meminjam liriknya Bayu KW)..keke

Anonymous said...

Wekekek....bantu2 ngapain ?? Bukan bantuin masak khan ??? Ten bisa tiang nyakan nee heheh....

Serabutan yah.....ten kenjel yan serabutan ?? Income nya gede donk kalau serabutan :D.

Aduuuhhh bli ini bener2 ajeg Bali. Tiang gen ten uning liriknya Bayu KW, salute euyyy pokoknya hehehhe.....