Thursday, October 4, 2007

BPL:Layanan Internet via Kabel Listrik

Pernahkah terbayang jika ada layanan internet murah yang cepatnya wuzz wuzz, dengan coverage area seluruh pelosok negeri (asal ada listrik PLN)? Ditambah lagi, tidak perlu repot repot setting ini dan itu, tinggal colok ke colokan listrik dan andapun siap berselancar di dunia maya. Jika hal itu terjadi, maka suatu pencapaian yang luar biasa bagi bangsa Indonesia karena secara langsung akan memperlebar arus informasi dan komunikasi.

Internet lewat jaringan listrik PLN bukanlah isapan jempol semata. Adalah PT. Indonesia Comnets Plus, anak perusahaan dari PLN, yang meluncurkan terobosan di bidang layanan internet ini. Secara teknis, layanan internet lewat kabel listrik ini dinamakan Broadband Power Line dimana transfer data dilakukan melalui jaringan kabel listrik dengan teknologi PLC, power line communication. Genarally speaking, transfer data tersebut menggunakan gelombang frekuensi rendah yang tentunya dipisahkan dengan aliran listrik itu sendiri. Berdasarkan informasi dari perusahaan tersebut, kecepatan layanan internet ini mencapai 3,2 Mbps, kira kira 10x lebih cepat dari layanan internet di Lew Apartment. Wow fantastis! Tidak diperlukan setting apa2 lagi, cukup membeli modem khusus dari PLN. Modem itu disambungkan ke PC/laptop dan dicolokkan langsung ke colokan listrik dirumah kita.

Layanan ini sudah tersedia di Jakarta, Surabaya dan Denpasar, namun kita harus menunggu karena saat ini baru melayani pelanggan korporat saja, rumah tangga belum. Berikut ini email dari Comnets:

Bapak/Ibu yang kami hormati,

Terimakasih sudah menghubungi kami atas ketertarikan anda terhadap produk ICON+.

Mengenai internet via jaringan listrik (Broadband Power Line)yang anda maksud, untuk saat ini produk tersebut telah kami pasarkan namun hanya untuk pelanggan Korporate, sedangkan untuk pelanggan individu belum dapat kami layani. Di wilayah bali Internet BPL ini masih dalam tahap trial.

Untuk spesifikasi teknis dan perangkat yang dibutuhkan, secara garis besar tidak dibutuhkan instalasi /re-wiring lagi. Namun memang diperlukan tambahan perangkat tertentu agar infrastruktur di lokasi anda mampu mendukung transfer data via PLC (Power Line Communication) tersebut Repeater, dan tentunya modem khusus untuk melakukan koneksinya.

Demikian penjelasan dari kami, untuk informasi lainnya silahkan kunjungi situs kami: www.iconpln.net.id
salam hangat,
CUSTOMER LOYALTY
PT. INDONESIA COMNETS PLUS
TEL. (021) 7532487, 7532486 FAX. (021) 7545679
EMAIL: cs@iconpln.net.id
======================
Yth. ICON+
MOhon informasi apakah layanan/produk Anda yg akses internet via PLC itu sudah menjangkau area Bali/DEnpasar?
Tarifnya berapa dan paket2 apa saja yg tersedia,
Terima kasih,
Made Suardana
DEnpasar Bali


Rasanya layanan ini layak ditunggu!

No comments: